Friday, May 15, 2020

Strategic Vision AccorHotels


Pada bulan Juli 2016, AccorHotels mengakuisisi jaringan Fairmont Raffles Hotels International (FRHI) yang terdiri dari Fairmont, Raffles dan Swissotel dengan nilai hampir $3 milyar dengan strategic vision baru yaitu “Augmented Hospitality — a refined vision of hospitality and the tailor-made services we can provide to a community of customers made up of guests and locals alike”. Perubahan yang terjadi pada AccorHotels setelah terjadinya akuisisi tersebut adalah:
-      Structure (Chain of Commands)
Perubahan structure terjadi di AccorHotels yang semakin besar dengan diakuisisinya luxury brand FRHI, market yang dimiliki AccorHotels menjadi semakin luas dengan bertambahnya luxury brand tersebut.
-      Value (Believe, Value, Expectation)
Bergabungnya ketiga luxury brand di AccorHotels memperkuat market luxury dan upscale business pada AccorHotels serta menjadikan posisi AccorHotels sebagai leading player di dalam industry perhotelan, sehingga dapat meningkatkan potensi perkembangan hotel dalam jangka waktu yang panjang secara potensial dan keuntungan. Secara signifikan, bergabungnya FRHI dengan AccorHotels meningkatkan kepopuleran AccorHotels di Amerika Utara, dimana Amerika Utara merupakan pasar terbesar dan paling berpengaruh di dunia.
-      Resources (Assets, Competency, Skill, Knowledge)
Akuisisi AccorHotels terhadap FRHI meningkatkan property yang dimiliki oleh AccorHotels, terutama dalam market luxury dan upscale business. Penggabungan dua global chain hotel ini berdampak pada meningkatnya skill dan knowledge dari para heartists, sebutan akrab untuk para karyawan AccorHotels, dengan adanya adopsi metode pembukuan dari FRHI.

Alasan AccorHotels mengubah strategic vision perusahaannya adalah walaupun memiliki group yang besar dan berkembang, perbedaan kelas yang dimiliki AccorHotels memberikan disadvantage karena sulit untuk bersaing dengan brand luxury yang dimiliki Marriott, IHG, dan Hilton. Setelah adanya akuisisi dan perubahan strategic vision, AccorHotels dapat memperkuat market luxury dan upscale business serta menjadikan posisi AccorHotels sebagai leading player di dalam industry perhotelan sehingga dapat meningkatkan potensi perkembangan hotel dalam jangka waktu yang panjang secara potensial dan keuntungan.

Kondisi yang dapat menyebabkan sebuah perusahaan dapat mengubah visinya adalah adanya perubahan baik pada faktor internal maupun eksternal. Scanning Environment diperlukan untuk menganalisa faktor tersebut sebelum mengubah visi dan misi sebuah perusahaan. Faktor internal mencakup struktur, nilai, dan kepercayaan perusahaan, contohnya pergantian manajemen dan pemegang saham. Faktor eksternal dipengaruhi oleh nature, societal, task, dan industry environment. Contohnya adalah pergantian target market . Perubahan target market akan mempengaruhi sebuah brand untuk melakukan rebranding serta visi dan misinya demi mendapatkan potensi pelanggan baru.

Sumber:

No comments:

Post a Comment